Image description
Image captions

Pesawat Udara (Pesud) TNl AL CN 235-220 MPA P-8306 yang berada di bawah kendali Gugus Keamanan Laut (Guskamla) Kormada lll melaksanakan terbang patroli perdananya di sekitar perairan Papua pada Minggu (07/07). 

Pasca proses Alih Bina menjadi unsur operasi Wing Udara 3 Puspenerbal Biak dari Wing Udara 2 Puspenerbal Juanda, Pesud ini melaksanakan patroli udara yang bertujuan untuk mendukung keamanan laut perairan Papua.

Komandan Wing Udara 3 Kolonel Laut (P) Ahmad Novam H bersama Asintel Danguskamla Koarmada lll Kolonel Laut (T) Darwin Simbolon meninjau langsung penerbangan patroli pengintaian maritim tersebut dan melihat secara langsung kondisi dan situasi maupun aktivitas objek kapal yang berada di sekitar perairan Papua.

"Penerbangan ini juga sekaligus sebagai upaya peningkatan dan pemantapan kualifikasi pengawak Pesud, yaitu dengan mengikutkan beberapa personelnya yang terdiri dari dua personel Bintara dan dua personel Tamtama untuk ikut dalam penerbangan patroli udara sebagai operator mission yang ada dalam pesawat", ungkap Komandan Wing Udara 3.

Pelaksanaan patroli udara ini merupakan implementasi dari kebijakan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali yaitu menjaga keamanan wilayah laut, selain menggunakan alutsista laut juga dengan alutsista udara dengan harapan prajurit dapat memiliki kemampuan dan siap terbang untuk mengawaki unsur yang dimiliki TNI AL.