Image description
Image captions
Askomlek Dankormar ( Asisten Komunikasi dan Elektronika ) Kolonel Marinir Edi Cahyo Sumarno membuka langsung Penyegaran Proskom bagi Prajurit Pasmar 2 via zoom meeting di Gedung Serbaguna Yonkomlek 2 Mar Kesatrian Marinir Soetedi Senaputra Karangpilang Surabaya. Senin (25/07/2022).

Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 5 (Lima) hari kedepan, acara ini juga dihadiri dan dipantau langsung oleh Letkol Marinir Rizal Ikhwan Nusofa, M. Tr. Hanla yang sehari-hari menjabat sebagai Kasubrenhar Diskomlek Kormar. “Saya lihat besar sekali antusias prajurit dari Pasmar 2, termasuk saya. Dan saya memonitor langsung satuan-satuan kerja menyiapkan operator terbaiknya masing – masing dengan melaksanakan kegiatan pelatihan ini”; kata Kasubrenhar Diskomlek Kormar.

Dalam arahannya Askomlek Dankormar menekankan kepada pengawak/operator radio harus mengetahui karakteristik, kemampuan dan batas kemampuan alat komunikasi (alkom) yang akan digunakan. Selain itu Kolonel Marinir Edy Cahyo Sumarno menyampaikan bahwa operator radio juga harus mempunyai ketenangan, kecerdasan dan keuletan sehingga komunikasi satuannya dapat terus terjalin. “Rawat dan jaga alkom yang kalian pegang sehingga kedepan alkom tersebut akan terus dapat digunakan dengan baik.” pungkas Askomlek Dankormar.

Pelajaran diawali dengan materi teori Radio PRC 999 KE/C oleh instruktur Lettu Marinir Nugroho Joyo yang menjabat sebagai Wadanki Kompi C Yonkomlek 2 Mar dan dilanjutkan materi praktek yang dilaksanakan langsung oleh para pengawak radio jajaran Pasmar 2. Para prajurit dilatihkan cara memasang antena radio dengan benar dan juga cara mengisi frekuensi radio PRC tersebut. Hal ini dilatihkan mendasar agar para pengawak memahami betul secara teknis dasar, karena tiap radio mempunyai teknik dasar yang berbeda-beda. Kegiatan ini dimaksudkan agar Alat komunikasi yang diberikan untuk mendukung latihan maupun penugasan dapat difungsikan sebagaimana fungsinya dan bukan menjadi beban bagi para prajurit Korps Marinir.

Seluruh kegiatan ini diikuti dengan penuh semangat oleh para prajurit Pasmar 2 sebagai proses pendalaman dan penyegaran ilmu yang mungkin sudah beberapa waktu tidak dilaksanakan dan supaya bisa mengupdate beberapa ilmu radio yang ada.