Image description
Image captions

 

JAKARTA – Rakyat Indonesia memberikan pesan yang jelas kepada Ketua Mahkamah Agung (MA) yang baru dilantik, Prof. Dr. Sunarto. Dalam pernyataannya, Dr. Dhoni Martien, S.H., M.H., yang merupakan Ketua LBH SMSI, menegaskan pentingnya integritas dan moralitas para hakim di seluruh Indonesia. 

"Sebagai praktisi hukum, kami berharap seluruh hakim dapat menunjukkan integritas dan moralitas yang tinggi agar dapat menghasilkan putusan yang berkeadilan bagi masyarakat pencari keadilan di Indonesia," ungkap Dr. Dhoni dalam acara pengantar ketua baru MA di Jakarta, Rabu (16/10/2024).

Dr. Dhoni menambahkan bahwa kepercayaan masyarakat terhadap lembaga peradilan sangat bergantung pada sikap dan tindakan para hakim. 

"Kami berharap bahwa di bawah kepemimpinan Prof. Dr. Sunarto, MA akan semakin berkomitmen untuk menegakkan keadilan dan menjaga independensi lembaga peradilan," katanya.

Pesan ini disampaikan sebagai harapan agar MA mampu memberikan keadilan yang nyata bagi masyarakat, sekaligus memperkuat kepercayaan publik terhadap sistem hukum di Indonesia. Dengan adanya ketua baru, diharapkan MA dapat lebih responsif terhadap kebutuhan masyarakat dan berkomitmen dalam mengatasi berbagai tantangan hukum yang ada.