Image description
Image captions

Letkol Inf Devy Kritiono disebut sebagai salah satu calon kandidat kuat ajudan Wakil Presiden (Wapres) Gibran Rakabuming Raka. Pasalnya Letkol Devy sudah mendampingi Gibran saat pelantingannya menjadi Wapres di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (20/10/2024).

Kadispenad Brigjen TNI Wahyu Yudhayana mengakui jika Letkol Devy menjadi calon ajudan dari Wapres Gibran. Saat ini nama Letkol Devy sudah masuk dalam daftar seleksi calon ajudan oleh Sekretariat Militer Presiden (Setmilpres).

"Jadi Letkol Devy itu ikut seleksi untuk ajudan wakil presiden, itu benar. Cuma kan surat resmi dari Setmilpres kita belum dapatkan,” ujar Wahyu seperti dikutip, Sabtu (19/10/2024).

Meski begitu, Wahyu belum bisa memastikan apakah Devy sudah dipastikan akan menjadi ajudan Wapres Gibran atau tidak.

“Wah belum tahu, kan tadi ngelihat juga waktu gladi ada Letkol Devy mendampingi Bapak Gibran. Namanya seleksi itu kan bisa dicoba kan,” ucapnya.

“Intinya, pokoknya, betul dia ikut seleksi, kita menunggu surat dari Setmilpres untuk siapa hasilnya ya. Dan selama proses seleksi itu, siapa saja boleh dicoba mendampingi. Pasti dalam waktu dekat akan diumumkan. Kita tunggu saja,” tutupnya.

Profil Letkol Inf Devy Kristiono

Devy merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 2002. Dia pernah menjabat sebagai Komandan Kodim (Dandim) Surakarta pada September 2021 hingga 2023, atau tepatnya saat Gibran masih menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Setelah menjabat menjadi Dandim Surakarta, Devy dimutasi menjadi Dandim Yogyakarta menggantikan Kolonel Arh Burhan Fajari Arfian.

Dalam karier militernya, Letkol Devy pernah menjabat sebagai Kepala Staf Korem 074/Warastratama. Selain itu, Devy pernah bertugas di Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan, Kartasura, dan juga pernah ditugaskan di Batalyon 23 Kopassus di Bogor.