Image description
Image captions

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali didampingi Ketua Umum Jalasenastri Ny. Fera Muhammad Ali menghadiri Acara Puncak Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 TNI yang dipimpin oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo bertempat di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (5/10/2024).

Pada Puncak Peringatan HUT ke-79 TNI, ribuan masyarakat juga tampak hadir memadati Monas dan sangat antusias dengan perayaan HUT ke-79 TNI yang menampilkan berbagai macam demonstrasi, defile dan parade Alutsista. 

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, puncak perayaan HUT ke-79 TNI yang mengangkat tema “TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional Untuk Indonesia Maju” ini digelar meriah, melibatkan ratusan ribu prajurit TNI dari tiga matra yaitu TNI AD, TNI AL dan TNI AU, serta ribuan Alutsista dikerahkan untuk berparade dan unjuk kekuatan.

Presiden RI dalam sambutannya menyampaikan selama kepemimpinannya merasakan peran dan kontribusi nyata dari TNI dalam menjaga kedaulatan negara, menjaga persatuan dan stabilitas politik, serta membantu mengatasi berbagai tantangan dan krisis. Selain itu juga Indonesia akan menyelenggarakan dua event besar yaitu transisi kepemimpinan nasional Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih dan Pilkada serentak kepala daerah yang akan diadakan di 508 Kabupaten/Kota dan 37 Provinsi. 

Lebih lanjut Presiden Joko Widodo menegaskan agar selalu menjaga stabilitas, dukung penuh transisi pemerintahan, pastikan proses transisi berjalan dengan baik dan lancar, jangan sampai ada permasalahan yang berpotensi mengganggu keamanan negara.

“Dukung penuh penyelenggaraan Pilkada, jaga netralitas, jaga situasi agar tetap kondusif. Sekali lagi terima kasih kepada seluruh keluarga besar TNI yang telah mendukung tugas saya sebagai Presiden selama 10 tahun terakhir ini. Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia”, tandas Presiden Joko Widodo.

Pada kesempatan tersebut, Presiden RI juga memberikan penghargaan kepada tiga perwira tinggi atau Pati yaitu penghargaan Bintang Yudha Dharma kepada Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Deddy Suryadi, Pangkoarmada I Laksda TNI Yoos Suryono Hadi, Kaskogabwilhan III Marsda TNI Deni Hasoloan S.

Selanjutnya, Presiden RI juga memberikan penghargaan Samkayanugraha kepada para perwira menengah TNI masing-masing kepada Dangrup 1 Kopassus Kolonel Inf Irfan Amir, Danyonif 501/Bajra Yudha/18/2/Kostrad Letkol Inf Yakhya Wisnu Arianto dan Dandim 1714/Puncak Jaya Korem 173/Praja Vira Braja Kodam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Irawan Setya Kusuma.
 
Selain itu, penghargaan Samkayanugraha juga diberikan kepada Dansatsel Koarmada II Kolonel Laut (P) Yulius Azz Zaenal, Komandan KRI Frans Kaisepo-368 Satkoarmada II Kolonel Laut (P) John David Nalasakti, Komandan KRI Bima Suci 945, Satuan Kapal Bantu Koarmada II Kolonel Laut (P) M Dedi Wardana, Komandan Batalyon Intai Amfibi 2 Marinir Letkol (Mar) Sandy Varikta, Dansat Bravo 90 Kopasgat Kolonel Pas Ruly Arifian, Komandan Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma Letkol Pnb Alfonsus Fatma Astana, dan Komandan Skadron 17 Halim Perdanakusuma Letkol Pnb Septi Arun Dwi Saputra.

Penghargaan Yudha Dharma diberikan bagi anggota TNI yang mendarmabaktikan diri dalam pelaksanaan tugas pembinaan dan serta menghasilkan karya yang benar-benar dirasakan manfaatnya oleh pemerintah dan negara.

Sementara itu, penghargaan Samkayanugraha diberikan bagi kesatuan di lingkungan TNI yang berjasa mempertahankan kelangsungan hidup negara dan bangsa.

Demonstrasi yang ditampilkan pada perayaan kali ini mencakup aksi terjun payung (free fall) 200 prajurit TNI dari tiga matra, aksi mendaki serbu, demonstrasi menghalau serangan drone, dan menyerang musuh dengan bantuan drone.

Selain itu juga ditampilkan defile pasukan dari tiga matra TNI, di mana para prajurit TNI melaksanakan penghormatan di hadapan Presiden RI Ir. Joko Widodo, Wapres RI Ma’ruf Amin, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, Kasal Dr. Muhammad Ali dan Kasau Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono, jajaran pejabat negara dan tamu negara dari negara-negara sahabat.

Usai defile pasukan diikuti dengan parade Alutsista yang terdiri atas kendaraan tempur, kendaraan taktis, kendaraan khusus, persenjataan berupa rudal dan torpedo, tank-tank amfibi, dan Alutsista lain seperti perangkat antidrone, coastal defence, rumah sakit lapangan, perahu-perahu khusus Denjaka dan Kopaska TNI AL, serta kendaraan khusus Kopasgat TNI AU. Masyarakat juga diberikan kesempatan untuk ikut naik di beberapa Alutsista milik TNI yang melewati tribun kehormatan sambil melambaikan tangan dan memberi hormat kepada Presiden RI. 

Diakhir acara, dilaksanakan pemotongan tumpeng raksasa oleh Presiden RI yang diberikan kepada Panglima TNI, dimana tumpeng raksasa ini terdiri dari 7 susun dengan 9 macam lauk-pauk yang melambangkan HUT ke-79 TNI.

Antusias ribuan masyarakat yang hadir juga dihibur dengan panggung hiburan yang dimeriahkan artis dan band-band ternama Indonesia seperti diantaranya Ari Lasso, band Dewa dan Slank.