Image description
Image captions

Ada dugaan keterlibatan elite Partai Nasdem dalam pengadaan X-ray Badan Karantina Pertanian (Barantan) Kementerian Pertanian (Kementan) tahun 2021 yang kini sedang diusut Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

urubicara KPK, Tessa Mahardhika mengatakan, dugaan tersebut menjadi salah satu materi yang didalami penyidik saat memeriksa Staf Khusus (Stafsus) Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Joice Triatman.

Joice sendiri tercatat sebagai Wakil Bendahara Umum (Wabendum) DPP Partai Nasdem.

"Saksi (Joice) hadir. Penyidik mendalami pengetahuan dan peran saksi dalam pengadaan X-ray di tahun 2021," kata Tessa di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada Kav 4, Setiabudi, Jakarta Selatan, Jumat malam (20/9).

Namun demikian, Tessa tidak menjelaskan lebih lanjut peran Joice dalam pengadaan X-ray pada 2021 yang disinyalir dikorupsi.

Adapun penyidikan kasus dugaan korupsi pengadaan X-ray di Barantan Kementan ini telah diumumkan KPK pada Jumat (16/8). Penyidikan ini berlangsung sejak 12 Agustus 2024.

Dalam perkembangannya, ada tiga pengadaan yang diduga dikorupsi, yakni X-ray statis, mobile X-ray, dan X-ray trailer atau kontainer. Akibat praktik rasuah ini, negara ditaksir mengalami kerugian hingga Rp82 miliar.