Image description
Image captions

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut langsung kehadiran Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik Sedunia, Paus Fransiskus, saat menyambangi Istana Negara, Jakarta Pusat. Jokowi membungkukkan badan sambil menyalami Paus.

Paus Fransiskus tiba di halaman Istana Negara pada Rabu (4/9/2024) pukul 09.35 WIB. Dia menumpangi mobil medium MPV berpelat SCV-1.
Paus duduk di kursi depan sebelah sopir mobil medium MPV berpelat SCV-1. Paus dikawal Paspampres dan juga tim pengamanan Vatikan.

Saat tiba, Paus tampak melambaikan tangan dan tersenyum kepada warga yang sudah menunggunya. Kaca mobilnya terlihat dibuka.

Pasukan jajar kehormatan juga tampak menyambut kedatangan Paus. Tiba di Istana Merdeka, mobil Paus berkeliling terlebih dulu ke dalam Istana.

Di dalam Istana ini, tampak sejumlah anak berpakaian adat dari berbagai daerah sambil membawa bendera Merah Putih dan bendera Vatikan ikut menyambut kedatangan Paus.

Paus Fransiskus, yang memakai kursi roda, terlihat bersalaman dengan anak-anak yang menunggunya. Paus terlihat menyapa mereka dan tersenyum. Anak-anak tersebut terdengar berteriak saat melihat Paus tiba.

Jokowi Bungkukkan Badan-Antar Paus ke Mobil

Presiden Jokowi yang berada di pintu masuk Istana Merdeka langsung menyambut kedatangan Paus Fransiskus. Jokowi terlihat menyapa lalu membungkukkan badan dan menyalami Paus sambil tersenyum.

Setelah itu, Jokowi mengajak Paus ke halaman Istana Merdeka. Terlihat pula sejumlah menteri sudah berada di lokasi menyambut Paus Fransiskus.

Setelah pertemuan, Jokowi mengantarkan Paus Fransiskus ke mobil. Mobil Innova Zenix berpelat SCV-1 yang ditumpangi Paus Fransiskus telah terparkir di belakang Istana Negara. Mobil Innova Zenix berpelat SCV-1 yang ditumpangi Paus Fransiskus telah terparkir di belakang Istana Negara. Mereka keluar pukul 10.45 WIB.

Keduanya tampak akrab dalam perbincangan tersebut. Terlihat juga Jokowi dan Paus Fransiskus beberapa kali salaman. Jokowi menunggu sampai Paus Fransiskus masuk ke dalam mobil dan meninggalkan Istana. Paus Fransiskus duduk di kursi depan atau di samping sopir.