Image description
Image captions

Anak pertama Syahrul Yasin Limpo (SYL), Indira Chunda Thita Syahrul Putri (Thita) menjelaskan kegiatan bagi-bagi bansos organisasi sayap Partai NasDem Garda Wanita (Garnita) Malahayati di 34 Provinsi.

Ketua Garnita NasDem sejak tahun 2020 itu menyebut, bagi-bagi bansos merupakan kerjasama program milik Kementan yang disalurkan oleh organisasi  wanita sayap partai  NasDem kepada masyarakat.

Hal ini dirinya sampaikan ketika dicecar Hakim Tipikor Anggota, Ida Ayu Mustikawati.

"Apa yang telah saudara lakukan atau saudara perintahkan terhadap sekjen (Joice Triatman) ataupun orang-orang di sekitar Garnita itu terhadap kegiatan-kegiatan yang terkait dengan Kementan?," tanya Hakim Ida kepada Thita.

"Menjalankan program kementerian pertanian. Garnita sebagai penyalur atau distribusi program kementan, yang disalurkan untuk masyarakat," jawab Thita.

Ia pun juga menerangkan, Pengurus Pusat Partai Politik Nasdem tidak tahu terkait kegiatan tersebut. Pasalnya, ormas wanita sayap Partai NasDem memiliki Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) sendiri.

"Kami sayap dari partai NasDem, kami berdiri sendiri ya mulia, otonomi sendiri, AD ART sendiri, dan kami hanya melaporkan seluruh kegiatan kami kepada Ketua Dewan Pembina kami Garnita Malahayati," jelas Thita.

Anak SYL ini pun membantah kesaksian dari Sekjen Garnita NasDem, Joice Triatman sekaligus Eks Stafsus Kementan Joice Triatman terkait dirinya mengusulkan kegiatan tersebut.

Ia malah menyebut yang punya ide kegiatan bagi-bagi bansos itu adalah Joice Triatman atas arahan Kementan.

"Apa yang  saudara katakan perintahkan ke Joice?," tanya Hakim Ida kepada Thita.

"Saya cuma arahkan karena dia (Joice) bilang, 'izin tum (Thita) ada arahan untuk program kementerian berupa ini ini, mohon arahan disalurkan ke mana," ungkap Thita menceritakan pembicaraan dengan Joice.

"Kan dari keterangan Joice adalah joice diperintah, melaksanakan perintah saudara, jadi saudara memerintahkan ada kegiatan ini, jadi Joice lah yang menemui pak Menteri," tanya Hakim Ida.

"Tidak Ya Mulia , sudah matang di Sekjen Garnita (Joice), baru disampaikan ke saya," bantah Thita.

Diketahui kegiatan Garnita NasDem bagi bansos ke masyarakat 34 Provinsi Indonesia. Barang diberikan berasal dari uang panas Kementan ini berupa sapi untuk qurban, telur yang beratnya mencapai ton-tonan dan berbagai macam jenis sembako berjumlah 200 kotak paket.

sumber: inilah