Image description
Image captions

Lintas elemen menggelar kirab Merah Putih dimulai dari Monas hingga berakhir di Bundaran Hotel Indonesia (HI). Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi melepas rombongan kirab Merah Putih di depan Istana Negara, Jakarta Pusat.


"Bersama-sama dengan Kapolri bersama-sama dengan Bapak Habib Luthfi Bin Yahya dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim pada hari ini saya nyatakan kirab Merah Putih diberangkatkan, 3, 2, 1," ujar Jokowi sambil mengibarkan bendera putih di depan Istana Negara, Jakarta Pusat, Minggu (28/8/2022) sekitar pukul 07.10 WIB.

Jokowi didampingi oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Habib Luthfi bin Ali bin Yahya. Rombongan kemudian berangkat menuju Monas hingga Bundaran HI.


Acara ini juga diikuti oleh marching band. Mereka tampak melantunkan instrumen lagu nasional 'Hari Merdeka'.

Dalam barisan itu juga ada rombongan pasukan pengibar bendera. Mereka berangkat dalam satu barisan beringan.

Diketahui, lintas elemen mulai dari Pemerintah, tokoh agama, tokoh bangsa, Polri, pemuda hingga mahasiswa menggelar kegiatan kirab Merah Putih hari ini. Hal ini sebagai wujud untuk menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia.

Baca juga:
Kirab Budaya Replika Merah Putih Tutup Perayaan HUT ke-77 RI di Istana
Kegiatan pembentangan bendera Merah Putih akan diselenggarakan di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, Minggu (28/8). Acara dimulai pukul 07.00 WIB hingga 09.00 WIB. Adapun rute kirab tersebut dimulai dari Silang Monas hingga Bundaran HI.

"Indonesia sebagai negara yang kaya akan budaya, beraneka ragam suku bangsa, memiliki ribuan bahasa, tapi perbedaan bukanlah suatu halangan, untuk terus menjunjung persatuan, hal itulah yang menjadi semangat lintas elemen menggelar kegiatan kirab merah putih ini," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo dalam keterangannya, Sabtu (27/8/2022).

Dalam acara tersebut juga terdapat beberapa rangkaian kegiatan. Mulai dari, parade kirab merah putih, pawai, doa lintas agama, tausiah kebangsaan, sambutan, pembacaan ikrar, hingga hiburan.